Sambal Terasi Jeruk Purut

Tergoda dengan sambal di atas? Well, itu adalah sambal kreasi gw dan mama. Jadi gw itu pecinta sambal terasi. Kalau makan di luar, gw tergila – gila dengan sambal terasinya. Untuk itu gw minta mama gw untuk bikinkan sambal terasi kalau gw di rumah. Sambal terasi bikinan mama enak, tapi selalu beda dengan yang gw makan di pinggir jalan. Gw bingung bedanya apa. Akhirnya suatu hari, gw berdiri di samping penjualnya yang sedang ngulek sambel. Ceritanya gw ngintip. Dan akhirnya gw dan mama mencoba membuat sambal terasi kami sesuai hasil intipan gw di koko – koko yang jual ayam goreng. Dan voila! Gw menemukan resep sambal terasi favorit gw.

Bahan :
Cabe keriting
Cabe rawit
Bawang putih
Jeruk purut (terserah pake buah / daun. Gw kemaren pakenya daunnya aja)
Garam
Terasi digoreng pakai sedikit minyak

Cara membuat :
Ulek bareng aja semua bahan. Diulek tangan di cobek batu ya jangan di blender. Rasanya suka beda kalo di blender. Kalo diulek teksturnya berasa banget.

NB : buat sambal ini untuk sekali makan ya. Entah bener atau perasaan gw aja tapi kalo udah lewat beberapa jam rasanya sudah ga terlalu enak lagi.

IMG_20180617_101340__01.jpgIni makan siang gw hari itu.
Nasi putih, ayam goreng, kuah sawi asin, dan sambal terasi jeruk purut. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s