Folk Music

Salah satu genre music favorit gw adalah folk music. Folk music itu gabungan antara tradisi, budaya, dan music. Folk music sendiri akan memberikan nuansa yang berbeda tergantung dengan daerah tinggal musisinya. Hal itu membuat setiap musisi yang mengusung folk music memiliki karakter music yang berbeda. Mari kita ambil beberapa contoh. Dari Amerika, salah seorang musisi dari suku Apache yang gw suka adalah Leo Rojas dimana salah satu musiknya yang berjudul El Condor Pasa merupakan salah satu music yang menurut gw mempunyai strong memorable tone. 
Bagaimana dengan Indonesia? Huaaaa kalau Indonesia mah pada dasarnya pasti banyak bgt  yg mengusung folk music ini ya. Apalagi Indonesia kaya sekali dari Sabang sampai Merauke.

Tapi perlu ditekankan bahwa folk music bukan hanya masalah tone, culture, dan tradisi. Lirik lagunya pun mengandung makna mengenai kehidupan.

Jadi kalau contoh di Indonesia ada siapa saja? Imo, jaman sekarang folk music lebih banyak dibawakan oleh band Indie ya. Mungkin karena tonenya yang tidak biasa. Mungkin juga karena musicnya yang tidak biasa. Pasar untuk music ini segmented tapi gw suka =)

Coba dengarkan music dari Frau, Gigih, & Puput yang judulnya Tenggelam.

Atau yang belakangan lagi gw suka adalah music dari Stars and Rabbit yang judulnya Man Upon The Hill. Mereka group band Indie dari Yogyakarta. Menurut mereka sih corak lagu mereka adalah imaginary pop dan harus gw akui lagu ini akan membawa orang yang mendengarnya berimajinasi akan banyak hal. Nada suara Elda yang awalnya walau terdengar tidak biasa, lama2 bikin ketagihan. Jangan lupakan alunan gitar dari Adi. Gw ketagihannnnnn 😍 Jika mau mendengar betapa strongnya nada suara Elda dan betapa romantisnya permainan gitar Adi, nonton live nya aja. Di sana bisa terlihat kuatnya karakter mereka atas music yang mereka mainkan.

Btw kalau mendengar lagu ini sambil nonton MV nya, music mereka bisa membawa imajinasi kalian ke Sumba, NTT lho =)

-tulisan iseng Jakarta 12 Jan 18 jam 00:28-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s