Kompilasi Makanan di Hong Kong & Macau

Hong Kong. Selain enak untuk berwisata belanja, Hong Kong cukup menyenangkan untuk dijadikan tempat berwisata kuliner. Kenapa hanya cukup? Well, mengingat harga yang harus dibayar untuk seporsi nasi goreng bisa membuat saya merasa cukup jiper juga. Tetapi worth it untuk dicoba kok. Seperti makanan yang saya coba di Hong Kong kali ini.

香港仔魚蛋粉 alias Xiang Gang Zai Yu Dan Fen Restaurant alias Aberdeen Fishball & Noodle Restaurant, Tsim Sha Tsui

Ada beberapa cabang untuk restoran ini, tetapi saya makan di cabangnya yang di Tsim Sha Tsui. Jangan berharap pelayanan ala bintang lima, karena tante saya sempat bete dengan salah satu waitress nya yang melayani dengan agak membentak dan tidak sopan. Cukup nikmati saja hidangannya. Saya suka sekali dengan nasi goreng seafood ala China seharga HKD 78. Selain itu yang boleh untuk dicoba lagi adalah soup noodle nya (harga bervariasi tergantung isi. Kebetulan saya lupa rasa apa yang saya coba). Yang agak mengecewakan bagi saya adalah Baked Pork Chop with Rice nya. Dipatok dengan harga HKD 55, menurut saya agak kurang enak. Menutup hidangan dengan segelas honey lemon hangat cocok untuk menghangatkan tubuh, atau bisa juga dengan segelas susu soya.

Muji, Causeway Bay

2015-11-25-21.31.20.jpg.jpeg

Sebotol minuman rasa jeruk dari Muji. Iseng – iseng saja nyobain. Rasanya cukup enak.

許留山 alias Hui Lau Shan, Tsim Sha Tsui

Suka mangga? Sempatkanlah mampir di Hui Lau Shan. Terkenal dengan dessert mangganya yang enak. Bikin kangen. Favorit saya tentu puding mangga dengan tekstur kental dan creamynya. Selain itu boleh juga dicoba jus mangganya enak sekali. Atau seporsi mango platter juga layak untuk dicoba. Untuk yang sudut kanan bawah saya lupa namanya tetapi cukup enak juga. Psstttt~ lebih murah Hui Lau Shan di Guangzhou daripada di HK. Setiap kali ke China, ada yang kurang rasanya kalau tidak mencicipi dessert ini.

泰昌餅家 alias Tai Cheong Bakery, The Peak

2015-11-25-21.39.41.jpg.jpeg

Salah satu egg tart yang terkenal di Hong Kong. Harus dicoba. Bisa ditemukan di The Peak, Hong Kong. Atau bisa juga ke outlet nya yang terletak di Central. Selain egg tartnya, cicipi juga sebotol soya milk yang masih sangat segar di sini hanya dengan harga HKD 10.

Chez Choux, Tsim Sha Tsui MRT

SKalau kalian ke Hong Kong, coba yang satu ini. Roti dengan cream di dalamnya. Favorit saya tentu saja puffs dengan isian cream dan Hokkaido puding yang lembut.

Cafe de Coral, Hong Kong China Ferry Terminal

Menu yang diganti setiap hari dan berbeda antara makan siang dan malam. Cobalah sup wonton dengan mie atau ikan dori gorengnya. Saat saya makan di sana, mereka menyajikan pula minuman khusus musim dingin. Enak sekali. Nasinya pulen dan lembut.

Food Republic, City Gate, Thung Chung

2015-11-25-21.49.04.jpg.jpeg

Boleh dikatakan untuk yang satu ini saya kurang beruntung. Mie dingin dengan campuran sayuran dicampur saus pedas ala Korea memang enak. Sayangnya untuk kimchi dan ikan teri ala koreanya nampaknya sudah tidak segar. Kimchinya kurang enak sedangkan terinya alot.

Di Food Republic yang konsepnya seperti food court ini, coba cari nasi hainamnya yang terkenal enak. Sayang saya lupa namanya. Tapi coba saja dicari di sana karena saat saya makan di sana (20 November 2015), hanya satu counter saja yang benar – benar khusus menjual nasi hainam.

Grappa’s, Hong Kong International Airport

Pagi – pagi sampai ke bandara dengan perut lapar. Selesai menitipkan bagasi di penitipan, saya pun bergegas mencari makan. Makanan ala Western menjadi pilihan saya pagi itu. Satu set breakfast yang terdiri dari danish bread, omelet, hash brown, pork sausage, orange juice, dan teh menjadi menu pembuka pagi itu. Enak dan mengenyangkan, terutama danish breadnya yang disajikan hangat dan saya oles dengan butter membuat pagi itu terasa begitu menyenangkan.

Nah, saat di Hong Kong, saya sempat berjalan – jalan ke Macau. Tidak boleh melewatkan Portuguese Egg Tart di Macau. Pertama adalah Margaret Cafe E Nata dan yang kedua adalah Koi Kei Bakery.

2015-11-25-21.44.46.jpg.jpeg

2015-11-25-21.43.33.jpg.jpeg

2015-11-25-21.43.53.jpg.jpeg

Yak, diatas adalah penampakan Portuguese Egg Tart dari Margaret Cafe E Nata. Dengan harga HKD 55 untuk 6pc dan HKD 10 per pc nya, egg tart ini SANGAT LAYAK untuk dicicipi. Saya tahu egg tart ini dari buku Claudia Kaunang tapi saya sendiri tidak berniat mencarinya. Saat saya ke Macau, dari Grand Lisboa saya berjalan ke arah Senado Square, saya tidak sengaja menemukan plang nama Margaret Cafe E Nata sehingga saya langsung melaju ke arah gang dan menemukan tempat ini.

2015-11-25-21.45.27.jpg.jpeg

2015-11-25-21.45.44.jpg.jpeg

Koi Kei Bakery ini enak sekali. Saya suka. Bisa ditemukan dimana saja, seperti di Senado Square dan di dekat Kasino Venetian.

Sekian acara makan – makan saya di Hong Kong dan Macau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s