Book Review : Manga

Suka baca manga? Gw mah suka banget. Paling memorable ya Doraemon. Mama gw saking empetnya liat gw baca manga mulu kaga belajar, di buang – buangin tuh Doraemon gw. Tapi mama boleh buang, gw kan bisa beli lagi. Hingga akhirnya di tahun 2012 Doraemon gw lengkap lagi. Tapi serial petualangannya gw belum lengkapin nih. Beli ga ya. Gw demen banget yang petualangan Doraemon di dasar laut. Kalo menurut mama gw, pas kecil gw tuh kalo di ajak ke mana – mana gampang. Asalkan ada toko buku, tinggalkan aja gw di sana. Gw ga akan ke mana – mana lagi. Jadi mama silahkan jalan – jalan aja, gw bakal baca buku seharian di sana.

Nah di sini gw mau menuliskan komik – komik yang berkesan buat gw nih. Yang gw inget banget.

1. DORAEMON

Di urutan pertama, kita ga bisa lepas dari yang namanya Doraemon. Apalagi angkatan 90 an kayak gw. Hahaha.

Dulu kalo hari minggu gw selalu bela – belain bangun pagi buat nonton film ini. Habis itu tidur lagi. Ini film memang memorable banget sih. Apalagi dulu hiburan ga sebanyak sekarang ya.

Ceritanya tu tentang seekor robot kucing yang datang untuk membantu Nobita agar masa depan Nobita menjadi lebih baik lagi. Kalo punya alatnya Doraemon, gw mau pintu ke mana saja dan toko yang cukup ditempel. Hahaha. Karena Doraemon juga, gw pas kecil jadi suka penasaran ama yang namanya Dorayaki. Ternyata gitu toh rasanya. Sampai sekarang selalu menjadi misteri buat gw, apakah mesin dan komponen dalam badan doraemon ga rusak ya soalnya dia bisa makan dan minum.

2. Hana Yori Dango

Berikutnya nih manga yang memorable banget buat gw yaitu Hana Yori Dango alias Boys Over Flowers. Ini adalah manga favorit gw yang berjumlah 36 seri dimana gw sampai saat ini masih terus baca. Gw tau manga ini karena nonton film Meteor Garden.

Gw naksir banget ama yang namanya Domyoji Tsukasa. Domyoji itu tokoh dunia fiksi yang paling gw cintai sampai sekarang. Ga tergeser. Dan gw kadang kesel banget ama Tsukushi Makino karena dia berkali – kali mengecewakan Domyoji.

Kalo ada yang baca manganya juga, bisa dilihat perubahan Domyoji makin lama gambarnya makin keren, Domyojinya makin cakep, dan menurut gw sosok Domyoji makin lama makin Dewasa. Duh gw bener – bener sukaaaaaaaaa.

Ini cover Hanadan yang pertama. Yang Indonesia covernya juga kayak gini. Dulu diterbitkan oleh Rajawali Comic (kalo ga salah inget) itu gw punya seri no 1 – 3 hingga akhirnya diterbitkan lagi sama Gramedia edisi komplitnya dan gw beli dari awal lagi juga. Bisa dilihat di cover manga pertama, rambut kritingnya Domyoji ga banget.

Makin lama si Domyoji makin cakep. Apalagi di saat – saat penting Domyoji jadi bisa diandalkan. Duh makin jatuh cinta deh.

Hanadan ini manga yang paling gw SUKA. Ga boleh sampai hilang karena gw bisa nangis kejer kali kalo ampe ilang ato rusak. Gw sayang – sayang. Tiap kali gw balik ke Semarang, gw keluarin dari lemari. Gw kasi kamper. Pokoknya gw jaga banget.

Hanadan ini udah diubah jadi versi filmnya. Yang gw udah tonton tu Meteor Garden.

masih ingat ama Sancai dan Dao Ming Se?

Terus gw nonton versi Koreanya tapi ga pernah nonton sampai selesai. Gw ga tau kenapa tapi gw ga terlalu tertarik ama versi Koreanya. Rasanya ga mau nonton aja gitu. Jadi gw nontonnya cuma sepotong – sepotong. Padahal harus gw akui, pemeran Domyoji Tsukasa korea ini paling mendekati perawakannya sama Domyoji versi komik. Pasti taulah si Lee Min Ho itu ganteng gila.

Dan gw nonton yang versi Jepangnya. Yang ini bikin gw ngefans ama Matsujun. Sumpah gw suka banget ma aktingnya Matsujun. Gw rasa dari semua Domyoji Tsukasa si Matsujun yang paling menguasai mimik wajah Domyoji. Perasaan Domyoji semuanya paling bagus pas dibawa sama Matsujun. Mao Inoue sebagai Tsukushi pun cocok banget. Dan Hanazawa Rui paling OK ya Oguri Shun donggggg…

Ngomong – ngomong tengil juga di endingnya kok si Rui jadi pendeta. Tapi gw suka banget ngelihat Domyoji dan Tsukushi menikah. Terima kasih Yoko Kamio karena gw bisa melihat foto pernikahannya Domyoji ma Tsukushi di endingnya Hanadan final.

Nahhhhhh gw ada nonton juga Hanadan versi film bioskop tahun 1995 nih hahaha. Domyoji nya paling ga banget yang ini deh. Pas gw nonton rasanya gw langsung berasa errrrrrrrrrrrr~

pemeran ceweknya Uchida Yuki. Artis favoritnya Crayon Shinchan hahaha.

Saat ini penulis dari Hanadan ini juga lagi menulis manga judulnya Cat Street. Tapi ga tau nih udah kelar belum komiknya. Di Indonesia sih belum kelar. Kok ga keluar – keluar ya yang terbarunya?

3. I Give My First Love To You (僕の初恋をキミに捧ぐ Boku no Hatsukoi o Kimi ni Sasagu) 

Ini salah satu manga yang ditulis oleh Aoki Kotomi. Aoki Kotomi itu mangaka favorit gw. Gw pertama kali tau Aoki Kotomi gara – gara Matsujun. Kan Matsujun ada main di film Boku Wa Imoutou ni Koi O Suru, nah itu diambil dari manganya si Aoki Kotomi ini. Selain itu Aoki Kotomi juga menulis cerita Kanojo Wa Uso O Aishisugiteru (yang udah difilmkan juga dengan pemeran utama Takeru Sato). Beberap lagi sih komik lepasan.

Nah gw tau manga ini awalnya karena filmnya. Diperankan oleh salah satu ikemen favorit gw yaitu Masaki Okada dan Mao Inoue. Suka banget ama ceritanya akhirnya pas manganya muncul di hari Rabu di Gramedia, langsung gw sambar.

 Dan ga menyesal lah bacanya gw emang suka banget. Lebih bagus manganya bahkan kalau gw bilang. Padahal filmnya juga udah bagus lho.

4. Crayon Shinchan

Ini manga sumpah ngawur, gw ngakak banget bacanya. Gw lupa siapa yang ngasih gw baca tapi yang pasti gw baca ni komik dari SD. Gw masih inget banget pas itu terjemahannya masih kasar banget. Yang sekarang di Gramedia mah udah diterjemahin sehalus mungkin. Paling inget pas bu guru Yoshinaga sakit perut, si Shinchan bilang “Liat tari telanjangku dulu sambil nunggu ambilang (maksudnya ambulan).”

5. Slam Dunk

Sumpah ini manga kocak banget tapi juga penuh perjuangan. Selain perjuangan tim basket Shohoku, gw juga ngumpulin manga ini pake duit makan gw, dan ada beberapa seri diilangin ama orang pas dipinjam. Gw ga pernah mau lagi minjemin manga gw ke orang lain. Gw lagi pengen ngelengkapin lagi. Tunggu gw pulang Semarang aja, gw catet yang ilang yang mana aja terus gw beli lagi.

One Comment Add yours

  1. Pingback: MY FAVORITE AUTHOR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s