Jomblo : Sebuah Komedi Cinta – Adhitya Mulya

Malam ini, ditemani lagu dalam smartphone gw, gw berpikir… berpikir… dan berpikir… Mau nulis apa ya malam ini. Tapi otak gw sepertinya mendadak error. Gw melupakan buku – buku yang udah pernah gw baca. Cuma muncul 2 judul aja yaitu Fifty Shades of Grey dan Twilight. Tapi kok malas ya nulis resensi dua buku itu. AKhirnya gw mencari ilham di Goodreads dan gw teringat buku yang judulnya Jomblo dari Adhitya Mulya. Salah satu buku yang membuat gw tersenyum simpul saat membacanya walau akhirnya tidak bisa dibilang happy ending juga ya.

Tapi sebelum bahas mengenai bukunya Adhitya Mulya, gw kasih profil singkatnya dulu ya.

gambar dan profil boleh nyolong di Kaskus

Lahir 3 Desember 1977, orang Bandung yang lahir di kota Medan.

Jebolan Teknik Sipil ITB angkatan 96 (udah sarjana, sumpah lulus beneran, gak beli ijazah). Sekarang bekerja di Maersk Line, sebagai Trade Analyst (tidak ada hubungannya dengan kegiatan anal).

Sudah menikah (maaf ya…) istri satu anak dua. Seringnya digosipin istri dua, anak satu.

Adhitya Mulya adalah salah satu penulis novel comedy favorit gw. Dia juga punya gaya khas dalam menulis yang membuat gw kalau baca kurang lebih bisa menebak kalau yang gw baca tu hasil tulisannya Adhitya Mulya.

Gw udah baca tiga buku dari Adhitya Mulya. Yang pertama gw baca adalah Jomblo, yang kedua adalah Gege Mengejar Cinta, dan yang terakhir adalah Catatan Mahasiswa Ganteng Gila. Semua buku favorit gw. Tapi paling suka ama Jomblo ma Catatan Mahasiswa Ganteng Gila. Buku yang terakhir bener – bener konyol banget. Tapi banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari sana.

Yak, sekian saja perkenalannya. Yuk kita masuk ke Novelnya.

Novel Jomblo

Judul: Jomblo : Sebuah Komedi Cinta

Penulis: Adhitya Mulya

Penerbit: Gagas Media

Status: beli ga pake ngutang

Genre : Romance, Friendship, Comedy

Blurb:

Empat sahabat dengan masalah mereka dalam mencari cinta.

Yang satu harus memilih—seorang yang baik atau yang cocok.
Yang satu harus memilih—antara seorang perempuan atau sahabat.
Yang satu harus memilih—lebih baik diam saja selamanya atau menyatakan cinta.
Yang satu harus memilih—terus mencoba atau tidak sama sekali.

Jomblo adalah sebuah novel yang menjawab semua pertanyaan itu.
Pertanyaan yang kita temukan sehari-hari, baik dalam cerita teman atau cerita kita sendiri.

Review:

Pertama kali gw baca novel yang ada footnote yang konyol ya cuman di Jomblo ini. Novel ini bercerita mengenai 4 orang sahabat. Sepintas hidup mereka nampaknya seperti mahasiswa pada umumnya. Tapi pada akhirnya keempatnya akan dihadapkan dengan masalah hati dimana semuanya itu mendewasakan diri mereka semua.

Dengan menggunakan lokasi di Bandung, gw yakin universitas yang digunakan di buku ini adalah ITB hanya saja disamarkan. Membaca buku ini, seperti membawa pembacanya menuju pendewasaan diri. Bahwa dalam hidup ya kita harus memilih. Kadang pilihan itu tidak selalu menyenangkan. Kadang pilihan itu pahit. Tapi toh kita saat kita tidak bisa memiliki dua hal sekaligus, mana yang harus kita pilih.

Menyakitkan saat membaca akhirnya. Bayangin aja, baca novel comedy kok menyakitkan. Tapi yah memang novel ini seperti itu. Gw suka sekali saat buku ini mengalir dengan lancar, membawa gw sampai ke akhir cerita.

Demi menghormati cerita ini, gw ga akan menulis terlalu banyak lagi. Tapi pastikan kalian baca. Ga akan menyesal membacanya.

“Dia sadar betul bahwa ketidakcocokan pasti ada. Manusia tidak diciptakan sama. Manusia diberi tantangan oleh Tuhan berupa perbedaan dan diberi kecerdasan dan kedewasaan untuk menyesuaikannya”

Ah~ Jadi pengen masuk ITB

One thought on “Jomblo : Sebuah Komedi Cinta – Adhitya Mulya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s